CERITA ANDA

Kiat Sukses Magang di Organisasi

Sebagai anak magang kita harus aktif tanpa menunggu perintah.
Kiat Sukses Magang di Organisasi
Ilustrasi

VIVA.co.id - Ketika kita sudah mulai menginjak masa perkuliahan, istilah magang makin tidak asing lagi di telinga kita. Saat kita berkuliah, biasanya kita akan mulai magang di organisasi-organisasi yang berada di kampus. Setelah melalui seleksi beberapa tahap, maka bagi kita yang lolos harus magang terlebih dahulu untuk selanjutnya diseleksi lagi sebelum dilantik menjadi anggota tetap suatu organisasi.

Pada tahap magang inilah kita sebenarnya berlatih dan diuji sekaligus oleh senior kita. Selama magang, segala tindakan kita akan mempengaruhi hasil seleksi nantinya. Tetapi yang banyak terjadi adalah kita sering berbuat kesalahan karena ketidaktahuan kita, dan menganggap itu hal yang wajar sebagai anggota baru walau kita belum dilantik. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ketika magang, dan tentunya bisa memberikan nilai tambah bagi kita:

1. Jangan malu bertanya  
Sebagai anak magang kita harus aktif tanpa diperintah oleh senior, salah satu cara  meningkatkan keaktivitasan kita adalah dengan menanyakan hal-hal yang kita belum ketahui. Jangan sampai rasa segan kita kepada senior justru menghambat kita untuk bertanya. Selama tindakan kita benar, kita tidak perlu malu atau takut untuk melakukannya. Tapi ingat, jangan menanyakan hal-hal yang tidak penting.
        
2. Bekerja sesuai ketentuan
Selama magang, kita juga belajar bagaimana caranya bekerja dalam tim atau individu yang baik. Untuk itu kita belajar bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Jangan terbiasa melanggar peraturan, karena kebiasaan yang sudah melekat akan sulit dihilangkan. Dan ketika lulus kuliah pun kita akan menghadapi dunia kerja yang lebih ketat peraturannya dibandingkan organisasi kampus.


3. Melakukan segalanya secara maksimal
Bila kita mendapatkan tugas selama magang, kita harus bersyukur karena dari situ kita diberikan kesempatan untuk melatih kemampuan dan bakat kita. Oleh karena itu, kita jangan sisa-siakan kesempatan tersebut dan laksanakan tugas secara maksimal. Bagaimana caranya? Mudah saja, kita dapat membayangkan bahwa tugas tersebut adalah tugas terakhir kita dan jika tidak dikerjakan secara maksimal maka kita akan gugur dalam tahap seleksi selanjutnya. Jangan melakukan sesuatu dengan tanggung, karena hasil yang akan kita dapatkan akan tanggung juga.

4. Ramah, jujur, dan sopan
Sikap dan kepribadian kita pun sebenarnya dinilai juga oleh senior, jadi kita harus perhatikan segala hal terkecil dan dianggap sepele pada diri kita. Hal yang selalu dinilai oleh senior biasanya pertama adalah keramahan, untuk itu kita jangan lupa untuk selalu menyapa dan tersenyum kepada seluruh anggota organisasi dan jangan sampai menunjukkan masalah pribadi kita dalam bekerja di organisasi. Jadi walau sedang sedih karena masalah kuliah, kita harus tetap menjaga keramahan kita.

Kedua yaitu kejujuran, hal penting yang harus menjadi pedoman kita dalam bertugas. Karena kejujuran adalah kunci kita untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Ketiga adalah sopan, kesopanan juga tidak kalah penting. Kita dapat menerapkan kesopanan kita mulai dari cara berkirim pesan, seperti menggunakan salam dan bahasa yang komunikatif tetapi tidak kaku.
 
5. Tepat waktu
Yang terakhir adalah tepat waktu, kita harus bekerja dan bertugas tepat waktu. Walau kita sedang magang dan kita juga harus  kuliah, kita  wajib mampu membagi waktu dan melaksanakan tugas kuliah serta magang tepat waktu. Jangan sampai kita mengikuti organisasi tetapi kita malah menunda tugas kuliah bahkan melupakannya. Begitu pula tugas magang jangan sampai tertunda hanya karena alasan tugas kuliah. Jadi kita juga belajar bagaimana menghargai waktu. (Tulisan ini dikirim oleh Erlinda Puspita Wardani, mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang)     

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...