CERITA ANDA

Cara Memilih Tempat Kos yang Nyaman untuk Mahasiswa

Kamar mandi di dalam justru membuat kamar kos terlihat sempit.
Cara Memilih Tempat Kos yang Nyaman untuk Mahasiswa
Ilustrasi tempat kos

VIVA.co.id - Bagi kalian mahasiswa yang harus berkuliah jauh dari rumah atau dengan istilah merantau, tentu membutuhkan kos sebagai tempat tinggal selama kuliah. Pastinya kamar kos bagi mahasiswa merupakan rumah, karena dalam sepetak kamar dengan ukuran tidak terlalu besar tersebut segala kegiatan mereka dilakukan dalam ruangan itu.

Sehingga sangat diperlukan kenyamanan dalam dan sekitar kamar kos agar tidak membuat kita jenuh atau stres ketika kita harus beristirahat. Untuk memudahkan kita dalam mencari kos, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Lokasi kos dekat dengan kampus

Lokasi kos yang strategis adalah dekat dengan kampus, karena biasanya lokasi tersebut mudah dijangkau kendaraan baik pribadi maupun umum. Selain itu, biasanya terdapat banyak rumah makan, kios-kios fotokopi, laundry, dan toko kelontong. Biasanya bagi mahasiswa baru mereka belum diizinkan orang tuanya membawa kendaraan pribadi, maka bila lokasi kos dekat dengan kampus, tentu kita dapat berjalan kaki ke kampus.

Dampak positif lainnya adalah lebih irit ongkos dan sebagai olahraga ringan. Semakin dekat kos dengan kampus, tentu mempermudah kita bila sesuatu terjadi, misalnya buku atau tugas yang tertinggal dapat segera di ambil tanpa membutuhkan waktu lama.

2. Fasilitas kos yang memadai

Kos dengan fasilitas semakin lengkap memang harganya semakin mahal. Namun kita sebagai mahasiswa hanya membutuhkan fasilitas yang cukup, tak perlu kulkas atau TV tapi cukup dengan kamar tidak bocor ketika hujan, kamar mandi, tidak mudah kekurangan air ketika musim kemarau, kondisi kamar yang bersih, kasur, bantal, lemari, meja dan kursi, kamar mandi, dan yang sangat dibutuhkan bagi seluruh mahasiswa saat ini adalah wifi.

Pastikan semua fasilitas tersebut ada, jangan sampai karena kita tergiur oleh  tawaran harga murah dan tampilan bangunan yang besar, lalu kita melupakan hal-hal penting diatas. Karena biasanya mahasiswa akan menyesal dan menyadari kondisi kos ketika mereka sudah menempati dan membayar sewanya. Oleh karena itu, pastikan fasilitas di atas ditanyakan terlebih dahulu kepada pemilik kos sebelum kita membayar sewa.

3. Keadaan lingkungan di sekitar kos

Hal ini sangat penting, karena kondisi sekitar kos juga sangat mempengaruhi kita. Carilah kos yang lingkungannya bersih, aman, tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi. Jangan sampai kos yang kita tempati sebagai rumah untuk beristirahat justru membuat kita semakin terganggu karena sekitarnya terlalu berisik, kotor, atau bahkan kita merasa tidak tenang karena lingkungan sekitar kos tidak aman.

4. Sistem pembayaran sewa kos

Sistem pembayaran kos juga harus diketahui oleh kita, jangan sampai hanya orang tua kita yang mengetahui bagaimana sistemnya. Biasanya sistem pembayaran kos saat ini adalah per tiga bulan, per enam bulan, dan per tahun. Selain itu kita juga harus mengetahui apa saja yang sudah termasuk dalam pembayaran tersebut seperti listrik, air, wifi, dan lainnya.

Yang sering terjadi adalah saat tawar menawar dan penjelasan tentang fasilitas kos, pemilik kos mengatakan bahwa biaya kontrak sudah meliputi semuanya, namun setelah kita menempatinya, pemilik menagih uang lagi  dengan alasan listrik dan air belum termasuk.

Oleh karena itu bagi kalian calon penghuni kos baru, kita harus mencatat apa yang dijanjikan dan disediakan pemilik kos kemudian meminta tanda tangan pemilik kos sebagai bukti perjanjian agar sewaktu-waktu mereka tidak mengubah sistem pembayaran seenaknya.

5. Letak kamar kos dan kamar mandi

Sebelum menempati kos, kalian berhak untuk memilih letak kamar kos bagian mana. Lokasi yang ideal adalah kamar yang memiliki jendela dan mendapatkan sinar matahari. Kedua hal tersebut sangat penting karena jendela dapat digunakan sebagai jalan keluar masuknya pergantian udara dan sebagai tempat masuknya cahaya matahari, jadi ketika listrik mati kalian tidak merasakan gerah dan gelap. Sedangkan sinar matahari juga diperlukan sebagai sumber cahaya dan mempermudah kalian ketika menjemur pakaian.

Kemudian yang kedua adalah kamar mandi, walau kini banyak kos yang menyediakan kamar mandi dalam, namun tak ada salahnya kalian memilih kos dengan kamar mandi luar. Karena lokasi kamar mandi dalam justru dapat membuat kamar kos terlihat sempit, dan terkadang berbau tidak sedap bila kita jarang membersihkan kamar mandi. Hal tersebut bisa terjadi bila kita jarang membersihkannya, karena terlalu sibuk dengan kegiatan perkuliahan. (Cerita ini dikirim oleh Erlinda Puspita Wardani, mahasiswi Universitas Diponegoro, Semarang)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...