CERITA ANDA

Pulau Sumbawa, Pulau Indah dengan Banyak Pilihan Wisata

Pulau Sumbawa memiliki berbagai pulau kecil yang indah.
Pulau Sumbawa, Pulau Indah dengan Banyak Pilihan Wisata
Pulau Kenawa (U-Report)
VIVA.co.id - Indonesia, negara kepulauan dengan banyak destinasi wisata dan berbagai tempat indah yang penuh pesona yang terdapat di berbagai tempat, salah satu contohnya adalah Pulau Sumbawa.

Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini banyak memiliki pilihan wisata, mulai dari berbagai pulau kecil yang indah dengan pasir putih sampai alam yang masih alami yang jauh dari hingar bingar perkotaan.

Tidak kalah dengan Pulau Lombok dan Pulau Bali yang sudah cukup terkenal dengan wisata-wisata pantai dan alamnya, di Pulau Sumbawa juga terdapat berbagai pulau yang indah yang dapat dikunjungi.

1.  Pulau Kenawa

Pulau yang dikelilingi pasir putih ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tidak hanya pasir putih, padang savana di pulau ini juga sangat indah. Jadi, tidak heran banyak wisatawan yang rela menginap di pulau ini dengan membawa tenda masing-masing. Pulau Kenawa dapat ditempuh dengan menggunakan perahu nelayan sekitar 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano.

2. Pulau Paserang

Pulau Paserang adalah pulau yang berada tidak jauh dari Pulau Kenawa. Jarak tempuh pulau ini sekitar 1 jam dari Pelabuhan Poto Tano. Di Pulau Paserang ini terdapat bungalow yang dapat disewakan kepada wisatawan. Menariknya, di pulau ini terdapat terumbu karang yang sangat indah dan masih terjaga kelestariannya dan letaknya pun tidak jauh dari pesisir pantai pulau ini.

3. Pulau Bungin

Pulau Bungin menjadi predikat sebagai pulau yang "terpadat di dunia", karena rumah-rumah di pulau ini berdiri hampir berhimpitan satu sama lain. Sedikitnya lahan tanah membuat tanaman tidak layak tanam di pulau ini, dan uniknya karena tidak ada tanaman membuat hewan peliharaan seperti kambing dapat memakan kertas di pulau ini.

Pulau seluas 8,5 hektar ini dihuni sekitar 3.400 jiwa. Lokasinya terdapat di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa Besar, dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu untuk dapat sampai ke pulau ini. (Cerita ini dikirim oleh Dandy setiawan, mahasiswa Universitas Pancasila, Jakarta)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...