CERITA ANDA

Wisata Edukasi ke Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru

Perpustakaan Soeman HS dibangun menggunakan dinding kaca.
Wisata Edukasi ke Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru
Gedung Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Riau. (U-Report)

VIVA.co.id - Kalau kita mendengar Kota Pekanbaru sepertinya jarang terdengar tempat wisata, yang lebih sering didengar adalah kelapa sawit yang berhektar-hektar, PT.Chevron, dan lain-lain. Akan tetapi ternyata di sana terdapat tempat wisata yang berbeda, yaitu wisata edukasi.

Wisata edukasi ke perpustakaan? Mungkin di benak kita, tempat yang bernama perpustakaan adalah sebuah tempat yang membosankan pada umumnya. Well, itu tidak akan kita dapatkan jika berkunjung ke Perpustaakaan Soeman HS. Sebuah perpustakaan yang disebut sebagai arsitektur gedung perpustakaan terbaik se-ASEAN. Disamping bisa membaca buku, perpustakaan ini bisa memanjakan pengunjungnya dengan desain arsitektur yang berbeda dari perpustakaan lainnya.

Bangunan perpustakaan daerah provinsi Riau ini dirancang berdasarkan filosofi Islam karena budaya melayu identik dengan agama Islam, sedangkan gedung Perpustakaan Soeman HS dibangun menggunakan dinding kaca untuk menghemat energi dan memunculkan suasana yang nyaman bagi pengunjung.

Koleksi buku di perpustakaan yang relatif banyak dan desain bangunan yang megah dapat mendorong tumbuh kembangnya minat membaca generasi muda, khususnya di Provinsi Riau, sehingga kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah tersebut dapat ditingkatkan.

Gedung Perpustakaan Soeman HS merupakan blok bangunan yang terdiri dari 6 lantai dengan area publik sebanyak 5 lantai, meliputi lantai dasar hingga lantai 4. Sedangkan lantai 5 merupakan area perkantoran bagi pengurus perpustakaan dan tidak dibuka untuk umum. Area perpustakaan tersebut terdiri dari:


1. Lantai dasar; terdiri dari beberapa bagian yaitu bilik melayu, bilik media center, perpustakaan anak, kantin, penitipan tas, dan pusat informasi.

2. Lantai satu; terdiri dari rak buku dengan berbagai kategori, antara lain komputer, filsafat dan psikologi, ilmu agama, agama Islam, ilmu sosial, ekonomi, pendidikan, bahasa, dan ilmu murni.

3. Lantai dua; terdiri dari rak buku dengan berbagai kategori yaitu kedokteran, teknik kedokteran, pertanian, manajemen, teknologi kimia, kesenian, kesusastraan, sejarah, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga terdapat bilik tunas integritas, bilik PT. Astra Argo Lestari Tbk, Koleksi Arsyadjuliandi Rachman, Koleksi Drs. H Ismail Suko, dan ruang diskusi.

4. Lantai tiga; terdiri dari ruang diskusi dan buku-buku dengan kategori agama, undang-undang dan kamus.

5. Lantai empat; merupakan area yang terdiri dari e-library Chevron yang memiliki fasilitas komputer dan buku-buku yang berkaitan dengan pertambangan.

Pengunjung Perpustakaan Soeman HS relatif ramai karena perpustakaan memiliki fasilitas pendukung, antara lain komputer yang terkoneksi dengan internet, jaringan wifi, kantin, serta ruang baca. Selain itu, Perpustakaan Soeman HS dibuka untuk umum setiap Senin – Sabtu pukul 09.00 – 15.30 WIB dan pada hari Minggu pukul 09.00 – 13.30 WIB.

Jadi, wisata tidak hanya dengan ke tempat hiburan seperti taman bermain, kebun binatang, gunung, atau pantai, tetapi wisata edukasi juga bisa dan bermanfaat untuk generasi muda Indonesia. (Cerita ini dikirim oleh Nadira Octova Yogiyanti, mahasiswi Universitas Diponegoro, Semarang)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...