CERITA ANDA

Saatnya Tiba untuk Move On

Semua ada masanya dan ketika saat itu tiba, maka nikmatilah
Saatnya Tiba untuk Move On
Ilustrasi (Dok. Bluesmart)

VIVA.co.id - Selain mantan pacar, apa yang paling bikin susah move on? Yes, jawabannya adalah pindah rumah. Setelah berpuluh tahun lamanya saya tinggal di rumah yang sekarang, akhirnya dalam waktu dekat ini saya harus segera pindah ke rumah yang baru. Kalau ditanya alasannya kenapa, saya jawab "untuk sesuatu yang lebih baik lagi".

Kalau orang pindah rumah kan biasanya jauh ya, kayak tetangga sebelah rumah saya yang pindah dari daerah di Cicadas ke Subang, itu jauh jaraknya. Sedangkan, jarak rumah saya yang baru dengan yang lama hanya sepuluh langkah saja alias cuma beda satu satu rumah, itu juga masih hadap-hadapan. Hehehe.

Isi rumah saya yang lama sudah hampir kosong karena semua barang sudah diangkut ke rumah yang baru. Dan berhubung barang saya yang paling banyak dibanding barang Ayah, Ibu, dan Kakak, jadilah saya orang yang paling terakhir pindah. Saya sudah mewanti-wanti untuk barang-barang saya biarlah itu menjadi urusan saya. Saya tidak mau kalau barang saya di angkut oleh orang lain karena khawatir ada yang hilang atau rusak.

Sudah hampir dua bulan belakangan ini, orangtua dan kakak saya sudah menempati rumah baru. Dan berhubung saya susah move on, selama dua bulan ini jadilah saya penghuni tunggal di rumah yang lama.

Tinggal sendiri ternyata repot banget, paling repot adalah ketika malam hari tiba karena saya harus mengisi air. Mungkin itulah pekerjaan semua bapak saat malam tiba. Masalahnya, kalau saya tidak mengisi air maka saya enggak akan punya air untuk menyiram toilet.

Barang-barang saya sudah hampir 95 persen dipindah ke rumah baru. Yang masih tersisa hanya laptop buat kerja, sofa buat tidur, dan teh tarik cepat saji. Entah ada yang aneh atau gimana, banyak orang, entah itu tetangga, teman main, teman gereja, bahkan teman kerja yang heran karena saya berani tidur sendirian di rumah kosong. Justru sebenarnya saya yang bingung, kenapa mereka aneh kalau saya tidur sendiri di rumah kosong, toh ini rumah saya sejak kecil dan saya merasa aman-aman saja.

Ngomongin soal tidur sendiri, beberapa bulan yang lalu salah satu teman saya tiba-tiba menelepon. Dia mengajak untuk ketemuan di sebuah warung sate. Ini aneh, benar-benar aneh karena dia tiba-tiba mengajak untuk makan sate. Ditambah, dia juga mengiming-imingi saya dengan traktiran sate kambing. Yang kayak gini sih biasanya bau-bau mau nawarin asuransi atau MLM, tapi setahu saya dia bukan agen asuransi ataupun MLM. Dibanding banyak mikir akhirnya saya terima ajakannya.

Sambil menikmati dinginnya udara malam, saya mulai menyantap sate kambing. Mumpung ditraktir, saya ngelunjak dengan minta tambah tongseng kambing. Dan anehnya, dia manut-manut saja. Ini beneran aneh.

Saat sate kambing tinggal tiga tusuk lagi, tiba-tiba dia berbicara "San, mau gak loe nemenin gue tidur malam ini?" Pertanyaan yang sangat membingungkan. Kita berdua berjenis kelamin sama, dan usia juga sudah lumayan matang, terus dia ngajak buat nemenin dia tidur. Harga diri saya ternyata cuma sebatas sate kambing + tongseng kambing. Yaa ellah, kalau tahu mau diajak tidur bareng ya saya mintanya makan malam di hotel gitu loh.

Sempat shock sebentar, dia mulai menjelaskan maksudnya agar saya tidak salah sangka. Ternyata teman saya itu punya fobia tidur sendiri. Kebetulan orang tuanya harus ke Malang karena ada keluarga yang meninggal, dan adiknya harus ke Purwakarta untuk urusan pekerjaan. Sejak kecil dia tidak bisa tidur sendiri karena takut atau apalah alasannya.

Ini benar-benar dilema, serius. Kalau saya menolak, jelas saya tidak enak karena saya sudah makan sate + tongseng. Mau bayar sendiri, uang di dompet tinggal ceban karena sebelum pulang saya baru saja setor tunai di bank. Kalau tidak bisa bayar, nanti bisa-bisa saya disuruh ngulitin kambing sama yang jual. Tapi kalau saya nurutin maunya dia, terdengar janggal enggak sih kalau ada cowok nemenin cowok tidur karena si cowok yang satunya tidak berani tidur sendiri. Homo abis.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...