CERITA ANDA

Kekerasan dalam Rumah Tangga

Hal sepele seperti cemburu, bisa memicu KDRT.
Kekerasan dalam Rumah Tangga
Ilustrasi KDRT

VIVA.co.id - Tahukah kalian tentang KDRT? KDRT atau sering kita dengar Kekerasan Dalam Rumah Tangga merupakan salah satu bentuk kejahatan yang terjadi dalam rumah tangga. Apa yang kalian pikirkan saat mendengar ada KDRT dalam sebuah rumah tangga? Kejam, sadis, teraniaya, sakit, kasihan, atau justru menyalahkan si pelaku?

Dalam membina sebuah rumah tangga harus ada sebuah kepercayaan dan saling menyayangi. Tapi mengapa harus ada KDRT? tentu saja ada alasannya. Mulai dari masalah ekonomi, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, keluarga bahkan dari hal yang sepele seperti cemburu.

Dari hal sepele seperti itu bisa memicu adanya KDRT. Meskipun sesungguhnya kecemburuan itu tak terbukti, dan kebanyakan yang menjadi korban adalah perempuan. Memang benar ada korban KDRT laki-laki, hanya saja lebih banyak perempuan. Hal ini karena laki-laki lebih mudah marah dan tidak sabaran.

Bukan berarti membela perempuan, hanya saja itulah kenyataannya. Perempuan banyak yang menjadi korban KDRT, mulai dari sakit fisik sampai sakit batin. Namun tak sedikit dari mereka yang hanya diam diperlakukan tidak baik, hanya dengan alasan agama, keluarga, bahkan kesetiaan.

Inilah salah satu kelemahan perempuan, sulit melepas jika sudah mencintai. Meski ia sakit lahir dan batin ia tetap bertahan. Bukan menjelekkan perempuan tapi itulah kenyataannya. Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak juga menjadi korban dalam sebuah rumah tangga. Salah siapakah itu, ayah? ibu? atau anak itu sendiri?

Para orangtua tak pernah peduli pada kondisi fisik dan mental anaknya. Tidakkah mereka berfikir itu dapat memengaruh kondisi jiwanya. Kenangan pahit itu pasti akan teringat sampai ia dewasa kelak.

Jika ada KDRT yang terjadi, jangan segan untuk memberitahu orang lain. Pemerintah juga memberi jaminan perlindungan. Tetapi jaminan itu akan sia-sia jika si korban hanya diam saja. Pikirkan nasib anak- anak mereka saat dewasa nanti. (Tulisan ini dikirim oleh Hijrah Anggraini)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...