CERITA ANDA

Akhirnya Naskahku Sampai pada Tahap Akhir Penyelesaian

Saya mohon doa kalian agar naskah saya bisa selesai.
Akhirnya Naskahku Sampai pada Tahap Akhir Penyelesaian
Ilustrasi  (U-Report)

VIVA.co.id - Minggu ini, yaitu minggu kedua bulan November, naskah buku yang saya tulis baru saja selesai melalui proses self editing. Buat yang belum tahu, self editing itu adalah proses pengeditan naskah oleh sang author sendiri. Buat yang belum tahu juga, orang yang membuat sebuah karya dalam bentuk tulisan disebut author, bukan writer. Karena writer hanya bertugas menulis saja. Bisa menulis untuk menyalin tulisan yang sudah ada, atau yang lainnya. Yah, setidaknya itulah yang saya tahu.

Naskah yang tulisannya masih acak-acakan seperti sampah, sudah saya edit hingga dirasa cukup. Saya merasa senang sekali ketika benar-benar baru menyelesaikan proses mengedit. Yaitu ketika saya menekan tombol Ctrl dan huruf S di keyboard secara bersamaan untuk terakhir kalinya. Setidaknya itulah yang saya harapkan.

Lucunya, setelah saya menulis kata 'harapkan', di kalimat sebelum ini, saya secara tidak sengaja menekan tombol Ctrl dan huruf S seperti yang biasa saya lakukan ketika menulis di Ms. Word. Maklumlah, karena sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini dan sudah terbiasa menulis di Ms. Word.

Ketika menulis naskah, saya selalu menekan tombol Ctrl dan huruf S secara bersamaan karena saya takut lupa menyimpan naskahnya, jadinya baru menulis beberapa kalimat atau satu kalimat saja, saya selalu menekan tombol Ctrl dan huruf S untuk berjaga-jaga. Mungkin jika ada kata di dunia ini yang memiliki frekuensi lebih banyak daripada kata 'selalu', pasti saya akan menggunakannya.

Akhirnya karena begitu terus selama berbulan-bulan, tindakan tersebut malah menjadi reflek ketika saya selesai menulis sebuah kalimat seperti yang baru saja saya lakukan. Jauh sebelumnya, ketika saya sudah benar-benar yakin untuk mulai menulis sebuah naskah, saya membuat target waktu untuk menyelesaikan naskah tersebut. Saya pun membuat target selama 2 bulan, dari bulan Maret hingga Mei 2015. Harapannya sih, bisa menyelesaikan naskah tersebut tepat waktu, tapi kenyataannya malah baru selesai ditulis saat bulan Oktober kemarin.

Saya tidak menyalahkan siapapun, apalagi menyalahkan keadaan, tapi saya harus menyalahkan diri sendiri karena niat dan ketekunan menyelesaikan naskah memang berasal dari diri saya sendiri. Bukan orang lain apalagi keadaan. Jika kedua faktor itu ingin menyalahkan saya, sangat dipersilahkan. Tapi, memangnya bisa? Walaupun sudah dilakukan self editing, tapi itu baru pada bab 1 hingga bab 5 saja alias baru pada cerita bukunya saja. Sedangkan premis, sinopsis, profil  singkat, resume, dan lain-lainnya belum saya tulis.

Iya, saya harus menulis itu semua untuk meyakinkan first reader penerbit agar buku saya bisa lolos ke tahap berikutnya. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu pengertian dari kata-kata di paragraf ini, jadi sepertinya saya harus menjelaskannya. Premis, adalah satu kalimat yang dapat mendeskripsikan seluruh isi buku kita. Sinopsis adalah rangkuman seluruh isi buku dalam beberapa paragraf. Resume adalah tulisan berupa keunggulan naskah kita. Sedangkan, profil singkat, yah, masa yang kayak gini aja nggak tahu. Itu loh, yang isinya biodata kita. Dan jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kita di bidang penulisan, lomba-lomba yang pernah dijuarai juga harus dicantumkan, dan blog kita juga jangan sampai ketinggalan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...