CERITA ANDA

Asyiknya Jalan-jalan, Dibayar Lagi

Berpikirlah kreatif agar hobimu bisa jadi sumber pendapatan.
Asyiknya Jalan-jalan, Dibayar Lagi
Ilustrasi liburan (Ist/Globe Trotting)

VIVA.co.id - “The world is a book and those who do not travel read only one page" – St.Augustine

Kamu penyuka travelling? Artikel ini pas banget buat kamu. Hobi yang satu ini ternyata bisa menghasilkan lho. Banyak sekali peluang yang menjanjikan bagi si tukang jalan-jalan. Berikut ini ulasannya:

Tour Guide atau Tour Leader

Untuk memuaskan hasrat jalan-jalanmu, tour guide atau tour leader merupakan pekerjaan yang sangat pas. Kamu dapat menjelajah kota atau negara yang belum pernah dikunjungi secara gratis. Asyiknya, kamu akan tetap digaji oleh agent travel dan mendapat tips dari tamu.

Sebagai tour leader, kamu dituntut untuk membantu proses berjalannya tour sehingga pelancong puas sesuai dengan harapannya. Dimulai dari pengurusan tiket, pengisian form imigrasi, tempat menginap, makan, dan objek wisata semua harus ditangani dengan baik.

Tour leader wajib memiliki wawasan yang luas tentang daerah wisata yang didatangi. Karena tugas tour guide adalah menceritakan sejarah, adat istiadat, kerajinan, dan makanan khas daerah tersebut. Penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin mutlak diperlukan.

Travel Writter atau Travel Fotografer

Bekerja di bidang travelling tidak akan kenal kata pensiun. Berjalan-jalan ke suatu tempat, kemudian membuat report dari sebuah perjalanan. Hobi jalan-jalan atau fotografi yang kamu miliki dapat dikombinasikan dengan menulis.

Mencatat dan merekam detail perjalananmu untuk dibagikan kepada orang lain. Kemudian, kamu bisa berkreasi di blog. Jika pengunjung blogmu sudah banyak, kamu bisa meraih penghasilan dari iklan, PPC (Pay Per Click), Google Adsense, dll. Di area offline, kamu bisa menjual karyamu dengan membuat buku, berkontribusi di majalah atau koran, dan menjadi nara sumber bertemakan travelling.

Pramugara atau Pramugari

Alternatif berikutnya, kamu bisa bekerja sebagai staff di maskapai penerbangan. Pekerjaan ini memberikan kamu pengalaman menginjakkan kaki di sebuah negara atau kota yang mungkin tidak ada dalam list kamu.

Namun, tak perlu kecewa, masing-masing maskapai penerbangan memfasilitasi crew-nya untuk travelling bersama keluarga ke rute yang kamu mau (setelah setahun kerja biasanya). Bagi yang hobi berjalan-jalan, tentunya hal ini sangat menyenangkan.

Kerja atau Magang

Kamu masih kuliah semester akhir atau baru lulus kuliah? Tidak ada salahnya mencoba magang atau melamar kerja ke tempat yang kamu sukai. Jika kamu juga penyuka manga, kamu bisa mencoba dengan program magang ke Jepang misalnya. Hobi jalan-jalanmu dapat terlaksana dan kamu bisa memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada negara lain. Yang pasti, kerja atau magang akan membuat dompetmu terisi.

Mengikuti Pertukaran Pelajar atau Beasiswa

Di media internet, banyak sekali Perguruan Tinggi yang menawarkan beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Beragam beasiswa ditawarkan dan umumnya mereka menawarkan uang saku yang menggiurkan. Ilmu bertambah dan kamu bisa berjalan-jalan di tempat tersebut dan sekitarnya.

Auditor

Pekerjaan kantoran yang satu ini cukup membuat kamu yang punya hobi jalan-jalan merasa terpuaskan. Dua minggu atau sebulan sekali, kamu akan melakukan perjalanan dinas untuk melakukan audit ke luar kota atau luar pulau. Di pagi hari, kamu memulai aktivitas pekerjaan dan malam hari kamu bisa menjelajahi kota tersebut.

Kegiatan travelling biasanya identik dengan pemborosan karena menghabiskan uang yang tidak sedikit. Padahal jika kamu cermati kembali, ternyata hobi travelling kamu pun bisa menambah pundi-pundi. Kerja tidak melulu seperti robot yang hanya melakukan kegiatan rutinitas semata. Cobalah berpikir kreatif untuk menjadikan hobimu sebagai sumber pendapatan. (Tulisan ini dikirim oleh Marshella Limarta, Bandung)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...