CERITA ANDA

Perlunya Drainase untuk Mencegah Banjir

Banyak daerah yang belum memiliki drainase perkotaan.
Perlunya Drainase untuk Mencegah Banjir
Ilustrasi banjir (VIVA.co.id / Anwar Sadat)
VIVA.co.id - Kali ini saya menceritakan tentang permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggal saya, entah itu berupa opini atau semacam keluhan dari pribadi saya sendiri. Mungkin ini berupa keluhan saya saja.

Sebenarnya sudah dari dulu saya merasakan ini tapi mungkin belum tersampaikan. Permasalahannya, yaitu banjir di jalan raya. Setiap kali turun hujan lebat, perjalanan dari rumah saya menuju kampus selalu banjir, sehingga untuk melewati jalan tersebut kita harus berhati-hati. Saya sebagai pengendara motor sangat takut melewati jalan raya ini.

Penyebab banjir ini sudah pasti karena tidak adanya drainase jalan raya. Saya seorang mahasiswa teknik lingkungan cukup mengerti tentang drainase, karena sudah mengambil mata kuliah semester lalu, hehehe. Nah, itu sebenarnya penyebab adanya banjir tersebut.

Saya sangat bingung apakah pemerintah yang tidak menindak lanjutinya atau permasalahan tersebut datang dari masyarakat itu sendiri. Kalau alasan dari masyarakat, mungkin lebih dikarenakan mereka tidak mau di depan rumahnya ada saluran tempat menyalurkan air hujan. Karena dengan adanya saluran ini memungkinkan air merembes ke jalan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti bau, atau mungkin juga karena takut terganggu akses jalannya.

Kondisi jalanan juga masih banyak yang berlubang, sehingga kalau ada banjir di jalanan, lubang tersebut bisa menimbukan kecelakaan terhadap kendaraan bermotor. Karena lubang tersebut tertutupi oleh air. Sehingga kita harus sangat hati-hati untuk berkendara.

Sangat disayangkan kalau jalanan tidak memiliki drainase seperti itu. Karena sifat air yang dapat mengalir melalui celah-celah kecil, nantinya air dapat masuk menembus ke dalam jalan dengan melewati pori-pori jalan sampai ke dasar tanah, sehingga dapat membuat struktur jalan menjadi rusak. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan raya.

Mungkin tidak semua orang mengerti tentang ini, akan tetapi saya sangat berharap pemerintah sangat mengerti dengan hal ini, karena banyak daerah yang belum memiliki drainase perkotaan sehingga diperlukan rencana pemerintah untuk membuat drainase di jalan.

Menurut saya pemerintah harus menindaklanjuti permasalahan drainase jalan tersebut dan juga melakukan sosialisasi atau arahan terhadap masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan kalau jalan tidak memiliki drainase agar masyarakat tahu dan mengerti tentang permasalahan yang terjadi. (Cerita ini dikirim oleh Dian Paramita)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...