CERITA ANDA

Membuat Rumah Tampak Lebih Minimalis

Jangan menggantung terlalu banyak jenis barang di dinding.
Membuat Rumah Tampak Lebih Minimalis
Model rumah minimalis (U-Report)

VIVA.co.id - Ada beberapa manfaat dalam sebuah rumah yang minimalis, pertama mengurangi stres karena tidak terlalu banyak barang di dalam suatu ruangan, kedua lebih menarik untuk dilihat, dan ketiga mudah dibersihkan karena permukaannya yang cenderung rata dan rapi. Bila Anda baru saja menempati rumah baru, mungkin tips dibawah bisa membantu Anda untuk merenovasi rumah menjadi lebih minimalis.

1. Mencari referensi supaya tidak perlu keluar biaya untuk menyewa jasa desain interior.

Cari referensi di internet untuk model rumah minimalis terbaru. Ada banyak sekali website dalam ataupun luar negeri yang menyediakan gambar rumah minimalis. Kalau mau beli CD kumpulan desainnya juga ada yang menyediakan. Referensi ini penting sebagai panduan bagi Anda untuk menentukan detail desain setiap bagian rumah Anda.

2. Fokus pada setiap ruangan.

Sulit untuk menyederhanakan seluruh rumah sekaligus (kecuali Anda punya banyak uang untuk menyewa seorang desain interior dan kontraktor interior). Fokuslah pada satu kamar, kemudian kamar berikutnya, dan berikutnya.

3. Mulailah dengan furnitur.

Hal pokok dalam desain interior minimalis adalah furnitur, sehingga Anda harus mulai menyederhanakan sebuah ruangan dengan melihat furnitur Anda. Makin sedikit perabotan akan semakin baik, hilangkan furnitur yang tidak begitu perlu tanpa mengorbankan kenyamanan, setelah itu pikirkan desainnya. Jika Anda sudah memiliki mebel, re-modelling mebel Anda dengan desain yang minimalis. Ganti handle yang terbuat dari stainless atau aluminium, bila perlu lapis ulang mebel Anda dengan HPL dan sejenisnya. Selain desain, juga utamakan fungsinya untuk memuat semua barang yang Anda butuhkan agar tetap tidak terlihat, di laci ataupun lemari. Bila ingin membuat mebel baru yang minimalis, Anda bisa menggunakan jasa desain interior untuk mendesain mebel baru Anda.

4. Lantai yang bersih

Lantai Anda harus benar-benar bersih, tidak ada barang yang menumpuk. Jika ingin menggunakan karpet, gunakan karpet dengan desain yang sederhana dan warna yang senada dengan dinding Anda. Jika Anda punya budget untuk lantai, ganti keramik lantai Anda dengan model-model yang minimalis yang berukuran besar seperti 40 x 40 atau 60 x 60 cm.

5. Dinding.

Jangan menggantung terlalu banyak jenis barang di dinding kecuali foto-foto penting atau karya seni yang bagus. Cat ulang dinding Anda dengan warna-warna minimalis yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran biasanya warna-warna yang soft, atau bisa juga dengan mencampurkan dua warna soft tua dan muda dalam beberapa bagian dinding.

6. Finishing

Finishing ulang kusen-kusen jendela, ventilasi dan pintu Anda dengan warna-warna tua serta di-finishing doff. Untuk budget minim dengan hasil yang maksimal gunakan metode melamix, Anda bisa mengerjakannya sendiri dengan menggunakan kuas dan amplas.

7. Pintu

Re-desain pintu Anda, tambahkan aksesoris stainless untuk nat atau lis kemudian ganti handle dengan model yang minimalis. Untuk finishing, Anda bisa menggunakan metode melamix atau jika menyukai warna-warna solid, jangan menggunakan kuas dan cat minyak tetapi gunakan metode ducco untuk pewarnaannya.

8. Jendela

Usahakan tidak banyak hiasan di sekitar jendela, gunakan gorden yang minimalis dan tidak terlalu mencolok di mata. (Cerita ini dikirim oleh Eminterior)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...