CERITA ANDA

Reuni Akbar Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran 2016

Tema acara ini adalah "Kembali Satu di Kampus Biru".
Reuni Akbar Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran 2016
Reuni Akbar Sastra Unpad 2016 (U-Report)

VIVA.co.id - Fakultas Sastra atau Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjajaran (Unpad) bersiap kembali menggelar reuni akbar. Rencananya kegiatan yang diberi nama "Hari-hari Sastra Reunian (H2S Reunian)" ini bakal digelar pada Sabtu, 6 Februari 2016 di kampus FIB, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tema acaranya adalah "Kembali Satu di Kampus Biru".

Ketua umum panitia H2S Reunian, Ardhi Lufti Siregar, mengungkapkan, acara ini terbuka bagi para alumnus Fakultas Sastra/FIB Unpad angkatan 1980-an hingga 2000-an dari semua jurusan baik S1 maupun D3. Konsepnya simpel dan gratis.

Rangkaian acara terdiri atas pentas seni dan budaya, apresiasi sastra, pameran beragam benda pembangkit memori kolektif para alumni, fun games, foto studio antar jurusan, penghargaan bagi para dosen purna tugas dari berbagai jurusan, bazaar himpunan, dan lainnya. Sejumlah tokoh dan selebrita alumni Fakultas Sastra/FIB Unpad akan hadir.

Selain sebagai ajang silaturahmi dan bernostalgia, kegiatan ini juga diarahkan untuk mensinergikan berbagai potensi para alumni dalam semakin memajukan kampus, memberdayakan sesama alumni, bahkan membangun hubungan profesional maupun sosial demi kemajuan bersama.

Ardhi juga menerangkan bahwa seluruh rangkaian acara akan melibatkan alumni dan segenap civitas akademika Fakultas Sastra/FIB Unpad. H2S Reunian pun bakal ditandai dengan pembentukan Career Development Center (CDC) bagi para lulusan Fakultas Sastra/FIB Unpad.

"Daya lenting lulusan Fakultas Sastra dan FIB begitu dahsyat. Mereka mampu berkarier di berbagai bidang pekerjaan. Jaringan ini perlu dimanfaatkan untuk membantu adik-adik mereka  yang fresh graduate untuk juga maju," kata Ardhi dalam siaran pers Panitia H2S Reunian Unpad di Jakarta, Sabtu (10/10).

Sejauh ini, lanjut dia, sudah lebih dari 5.000 orang mendaftarkan dirinya dalam database alumni Fakultas Sastra/FIB Unpad. Padahal, registrasi alumni baru dibuka beberapa hari. Data base ini akan dioperasikan secara permanen dan selalu up date.

"Jadi acara reuni nanti bukan sekadar berbagi memori. Tapi ada makna yang lebih dalam yang dihasilkan dari pertemuan itu. Ada wujud kecintaan dan kepedulian terhadap almamater yang juga konkret" jelasnya.

Informasi lengkap mengenai H2S Reunian dan registrasi peserta bisa diakses di situs www.alumnisastra.or.id, Twitter @sastraunpad16, atau Facebook Reuni Akbar Sastra Unpad 2016. Panitia pun sangat mengharapkan dukungan maupun donasi dari para almuni yang digalang melalui situs www.alumnisastra.or.id. "Silakan mengontak panitia melalui media sosial yang ada," sebut Ardhi.

Sementara itu, Dekan FIB Unpad, Yuyu Yohana Risagarniwa sangat mengapresiasi inisiatif dari para alumni untuk menggelar reuni akbar. “Saya merasakan spirit yang kuat dari para alumni untuk bersilaturahmi, berbagi kenangan, kemudian saling menguatkan melalui pembentukan database alumni dan Career Development Center atau CDC. Terlebih acara ini juga berkolaborasi dengan para mahasiswa yang masih kuliah,” ujar Yuyu. Dengan adanya CDC, lanjut dia, masa tunggu fresh gradute FIB untuk masuk ke dunia kerja bisa diperpendek. (Cerita ini dikirim oleh Audi Nuraisa - Panitia Reuni)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...