Festival Tanjung Lesung 2015, Sport Tourism Pertama di Dunia

Festival Tanjung Lesung
Sumber :
  • U-Report
VIVA.co.id
Edu House Rayakan Harlah ke-8
- Festival Tanjung Lesung 2015 yang akan digelar pada 30-31 Oktober 2015 akan menampilkan perlombaan baru di dunia. Adalah
Bagan Race
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq
atau balap perahu  yang akan menyusuri pantai di Kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Bagan Race akan menggunakan sarana perahu nelayan yang di atasnya terdapat kerangka bagan yang dapat ditumpangi sebanyak 20 orang penumpang. Panitia Festival Tanjung Lesung 2015 menyiapkan sebanyak sepuluh unit perahu bagan untuk diperlombakan.

"Para peserta lomba
Bagan Race
adalah
stakeholder
kepariwisataan, termasuk masyarakat setempat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, M. Ali Fadilah, Sabtu (17/10/2015).


Menurut Ali,
Bagan Race
akan menjadi salah satu daya tarik dalam Festival Tanjung Lesung 2015. Pasalnya, perlombaan perahu bagan seperti itu belum pernah dilakukan, dan dapat dikatakan sebagai yang pertama di dunia. "Akan bertambah lagi satu warisan budaya Provinsi Banten yaitu Perahu Bagan,” tutur Ali.


Bagan Race
akan dilakukan di Pantai Kerang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dan finish di Beach Club, pantai yang berada di dalam kawasan Tanjung Lesung. Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu pemenang yang tercepat, kemudian pemenang yang paling indah mendekorasi atau menghias bagan, dan terakhir pemenang yang berhasil membawa ikan sebanyak-banyaknya ketika sampai di garis finish.


Diketahui bahwa dalam Festival Tanjung Lesung 2015, selain
Bagan Race
akan ada beberapa kegiatan lain disajikan untuk menarik wisatawan yang hadir di acara tersebut, yaitu parade nelayan dan festival budaya, parade sepeda hias, pameran produk UMKM, serta pertunjukan film hasil kreasi para sineas muda Banten dari Kremov Pictures, yakni film Jawara Kidul dan Perempuan Lesung.


"Insya Allah salah satu film hasil kreasi teman-teman sineas muda Banten akan diikutkan dalam nominasi Festival Film Indonesia 2015 yang akan digelar di ICE Kota Tangerang Selatan, Banten.", kata Ali Fadilah.


Kembali ke
rundown
acara Festival Tanjung Lesung 2015, di sana juga akan digelar pesta bakar ikan di pinggir pantai Beach Club Tanjung Lesung, yang juga dimeriahkan oleh Momonon Band dan beberapa Indie Band serta penampilan
Disk Jockey.


Kemudian ada kegiatan penanaman terumbu karang di Pulau Liwungan, yang rencananya akan dipimpin Gubernur Banten, H. Rano Karno. Festival Tanjung Lesung 2015 ini akan melibatkan sebanyak 20.000 masyarakat, baik dari Kabupaten Pandeglang maupun dari kabupaten ataupun kota di Banten.


Adapun wisatawan yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk ada dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Para wisatawan yang datang merupakan para pelaku pariwisata. Mereka hadir untuk mengikuti pertemuan forum bisnis yang melibatkan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi).


Festival Tanjung Lesung 2015 ini juga akan dihadiri oleh Komunitas Jeep Rubicon Banten dan Komunitas Backpacker Indonesia. So, come and join!
(Cerita ini dikirim oleh Rapih Herdiansyah, 085692106455/087871164155 – CP/Panitia)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya