Badak sebagai Bagian dari Keluarga Alam

Sungai Cigenter merupakan sungai yang terdapat dalam Pulau Handeuleum, sebuah pulau kecil di gugusan Pulau Taman Nasional Ujung Kulon.
Sumber :
VIVA.co.id
Edu House Rayakan Harlah ke-8
- Selamat Hari Badak Internasional! Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa membuat penghuninya merasa sebagai bagian dari keluarga. Alam mempunyai keluarga besar, dan Badak Jawa adalah bagian dari alam, sehingga keberadaannya yang mulai langka akan mengganggu keseimbangan alam. Badak Jawa adalah salah satu binatang yang menurut Prof. Hadi Alikodra merupakan model satwa purba, dan juga merupakan salah satu satwa asli Indonesia.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Selama ini populasi Badak Jawa terus meningkat, data terakhir dari
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong
WWF Indonesia pada Juli 2015 sudah ada 57 populasi hewan bercula ini di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, satu-satunya habitat dari Badak Jawa. Tidak menutup kemungkinan ada Badak Jawa yang dipindahkan ke habitat yang lain di luar Ujung Kulon, karena daya dukungnya hanya 50 populasi Badak Jawa. Hutan Baduy, Taman Nasional Halimun–Salak, Cagar Alam Sancang, dan Cikepuh menjadi beberapa opsi untuk menjadi habitat kedua Badak Jawa di Indonesia.


Di belahan ujung timur Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo bisa dijadikan opsi, tentunya harus melalui pengkajian terlebih dahulu, apakah cocok untuk habitat Badak Jawa atau tidak. Membuat rumah yang nyaman bagi Badak Jawa juga bisa dengan cara meningkatkan
awareness
masyarakat soal keberadaan satwa bernama latin Rhinoceros Sondaicus ini yang mulai langka di alam liar.


Selama ini berita hewan langka yang banyak muncul di masyarakat adalah mengenai Harimau Sumatera, Orang Utan, atau Gajah Sumatera, namun intensitas berita mengenai keberadaan Badak Jawa di Ujung Kulon juga perlu ditambah porsinya, karena seperti yang ditulis oleh penulis di atas, bahwa semua satwa adalah bagian keluarga dari alam, dan Badak Jawa adalah salah satu anggotanya.


Cara lain yang bisa ditempuh adalah mempopulerkan Ujung Kulon lewat berbagai cara, misalnya membuat video dokumenter official mengenai keberadaan Badak Jawa di Ujung Kulon, dan dipublikasikan secara luas sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat, paling tidak mereka akan mengetahui jika medan di Ujung Kulon begitu luas dan mau membantu untuk menjaga kelestarian Badak Jawa, berdonasi lewat program Nature Guardian WWF Indonesia.


Jangan sampai anak cucu hanya melihat cula Badak Jawa hanya dalam bentuk gambar. Sekecil apapun kontribusi dari masyarakat dalam pelestarian Badak Jawa, baik berupa pikiran atau materi akan menjadi satu hal yang sangat besar jika dilakukan bersama-sama, hingga pada akhirnya, membuat Badak Jawa merasa nyaman tinggal di rumahnya, Indonesia.
(Cerita ini dikirim oleh Achmad Dzuhri Arif Wicaksono, Malang)


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?
"


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya