Antara Kita dan Badak

Badak Jawa
Sumber :

VIVA.co.id - Seluruh makhluk hidup sangat menginginkan tempat nyaman bagi mereka yang ingin terhindar dari segala gangguannya. Kita sebagai manusia adalah makhluk hidup yang berusaha menginginkan kenyamanan, tapi kadang kita sering lupa bahwa yang hidup di bumi ini tidak hanya kita.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Masih banyak makhluk hidup seperti tumbuhan maupun satwa liar, salah satunya badak yang layak mendapat kenyamanan agar dapat mempertahankan rantai kehidupannya.

Suatu pertahanan pasti membutuhkan sebuah perlindungan. Ibaratnya, manusia butuh sebuah rumah untuk bernaung. Maka badak membutuhkan habitat untuk menopang kehidupannya yang tentu memerlukan komponen biotik serta abiotiknya. 
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Jika kita memiliki rumah di perkotaan, maka badak pun butuh tempat yang lebih tinggi dari dataran di hutan agar tenang tidak tergangu oleh kita karena hutan adalah rumah nyaman bagi badak. 
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Jika kita mempunyai sertifikat tanah sebagai aturan yang sah untuk membagun sebuah rumah, maka badak pun perlu memiliki regulasi serta aturan yang memaksimalkan nilai-nilai kawasan konservasi hutan.

Jika kita menghindari jurang-jurang dalam membangun sebuah rumah, maka badak pun menjauhi dataran hutan yang terjal dan mencari hutan yang landai.

Jika kita ingin mengambil air dari keran, badak pun ingin mengambil sumber air melalui hulu sungai dan danau di hutan karena hulu sungai.

Jika kita membutuhkan vitamin untuk menambah nutrisi pada tubuh, maka badak pun membutuhkan garam mineral untuk nutrisinya dari ketersediaan lokasi penggaraman yang disebut uning di hutan.

Jika kita butuh kamar mandi untuk membersihkan raga, maka badak pun membutuhkan kubangan untuk membersihkan badannya dari serangga yang hinggap di tubuhnya. 

Jika kita berlindung di bawah atap rumah dari hujan, maka badak pun perlu melindungi dirinya dari segala cuaca dalam tutupan vegetasi yang baik di hutan.

Jika kita lapar, maka kita mencari makan di warung dengan berbagai lauk pauk, badak pun mencari sumber vegetasi yang dapat dimakannya seperti jenis rotan, liana hingga jenis pohon seperti mangga hutan, manggis hutan, cempedak dan lainnya.

Jika kita mepunyai hak asasi manusia, maka badak memiliki hak ekosentris yang berarti hak untuk hidup dalam rantai ekosistem. Karena kita dan badak adalah salah satu rantai sempurna yang memiliki satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. (Cerita ini dikirim oleh Asep Ferry R.) 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?"

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya