Badak untuk Indonesia, Indonesia untuk Badak

Badak
Sumber :
  • Cerita Anda

VIVA.co.id - Badak adalah hewan mamalia terbesar kedua setelah gajah. Indonesia memiliki dua jenis badak yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera. Kedua jenis badak ini termasuk ke dalam tiga jenis badak yang terdapat di Asia.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Badak di Indonesia sangat terancam kepunahannya, hal itu disebabakan oleh manusia yang secara liar terus memburu mereka, dan melakukan penebangan liar sehingga merampas habitat mereka.

Dengan adanya penebangan hutan secara liar dan adanya pembakaran hutan yang kian terjadi akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan kelestarian dari badak-badak tersebut. Seperti Badak Sumatera yang habitatnya kian sering menjadi target pembakaran hutan atau Badak Jawa dengan adanya penebangan hutan secara ilegal.
Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq
 
Apabila hal ini terus terjadi, maka sangat disayangkan apabila badak yang harusnya dijaga dan dilestarikan harus punah. Bahkan badak yang dimiliki Indonesia adalah badak-badak yang sangat istimewa karena memiliki keunikan tersendiri.
Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Badak bukanlah hewan yang membahayakan. Walaupun memiliki tubuh yang besar, sesungguhnya badak adalah hewan yang lembut. Mereka tidak akan menyerang musuh atau sesuatu yang membahayakannya karena mata badak sedikit rabun. Dengan begitu seharusnya badak mendapat tempat yang layak serta bebas dari ancaman yang dapat membahayakan hidupnya.

Mereka hanya memerlukan tempat atau rumah yang aman, yang memiliki luas tanah lebar dan masih banyak pepohonan, banyak tumbuhan hidup di sekitarnya, banyak rumput serta jauh dari pemukiman warga.

Seperti halnya manusia, kita sebagai manusia sangat memerlukan lingkungan yang nyaman aman serta bersih demi kelangsungan hidup kita dan keluarga. Dengan adanya lingkungan yang nyaman serta tidak adanya ancaman, kita akan hidup dengan tentram. Demikian juga dengan badak apabila lingkungan hidupnya aman dan nyaman. Hidup badak akan tetap lestari.

Seharusnya pemerintah menyediakan rumah yang nyaman untuk badak. Tidak hanya menjaganya di sebuah kebun binatang, namun badak perlu memiliki tempat tersindiri untuk berkumpul dengan sesama spesiesnya di alam bebas.

Rumah yang sesuai untuk badak adalah di alam bebas yang banyak tumbuhan sebagai sumber makanan mereka. Walaupun di alam bebas, namun pemerintah juga tetap harus menjaga keamanan dari kehidupan badak tersebut dari para pemburu liar yang menginginkan cula dari badak-badak tersebut.

Banyaknya badak yang tewas karena pemburuan liar adalah salah satu kelengahan kita. Maka dari itu perlu adanya kesadaran dari diri sendiri dan dengan bantuan pemerintah untuk tetap melestarikan dan menjaga kehidupan para badak, dengan memberikan rumah yang aman untuk hidup dengan habitatnya. 

Indonesia sangat kaya akan kelestarian alamnya, maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia hanya perlu menjaganya agar tetap terjaga kelestariannya.

Sesungguhnya saya belum pernah bertemu atau melihat langsung seekor badak. Saya hanya melihat gambaran dari hewan mamalia ini melalui media. Awalnya saya berpikir bahwa badak adalah hewan yang sangat agresif dan menakutkan karena tubuhnya yang besar. Namun, setelah mencari informasi, ternyata badak sangatlah lembut bahkan tidak sama sekali membahayakan.

Saya sangat bangga dengan badak yang ada di Indonesia karena disebut sebagai jenis badak tertua dari spesies badak lainnya yang ada di dunia. Dengan hal ini seharusnya kita bangga memiliki badak sebagai salah satu satwa yang ada di Indonesia.

Badak untuk Indonesia, Indonesia untuk badak. Terus lestarikan kelangsungan hidup badak di Indonesia. Keep stay rhino! (Cerita ini dikirim oleh Yunika Rahayu, Bekasi, Jawa Barat) 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?"

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya