Yapnas dan PKK Sosialisasikan Pengendalian Asma Anak

Yayasan Penyantun Anak Asma Indonesia (YAPNAS)
Sumber :
  • Ureport

VIVAnews - Hari ini Yayasan Penyantun Anak Asma Indonesia (YAPNAS) kembali menyelenggarakan sosialisasi tentang pengendalian asma pada anak. Bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, YAPNAS menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan bincang-bincang kesehatan, dengan tema “Pengendalian Asma pada Anak” di Auditorium Gedung PKK Melati Jaya, Jakarta Selatan.

Kegiatan sosialisasi tentang pengendalian asma pada anak  ini, seperti dikemukakan Ketua Umum Yayasan Penyantun Anak Asma Indonesia (YAPNAS) Ibu Ike Nirwan Bakrie, merupakan wujud dari komitmen YAPNAS untuk selalu konsisten mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat luas  tentang pengendalian asma pada anak.

"Sosialisasi dan edukasi tentang asma anak ini merupakan salah satu program kegiatan rutin kami. Program ini merupakan salah satu upaya  kami untuk meningkatkan pemahaman masyarakat seputar  pengedalian asma pada anak-anak dan remaja," kata Ibu Ike Nirwan Bakrie menambahkan.

Sementara itu, Ibu Nani Ery Chayaridipura Wakil Ketua IV TP PKK Provinsi DKI Jakarta mengutarakan, ini kali pertama pihaknya bekerjasama dengan Yapnas dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan bincang-bincang kesehatan.

"Kami menyambut baik segala kegiatan setiap elemen masyarakat yang bertujuan untuk  memberi edukasi dan pemahaman mendalam tentang berbagai bidang. Kali ini bekerjasama dengan Yapnas, kami dapat memberi pemahaman mendalam tentang pengendalian asma pada anak kepada para kader PKK di wilayah Provinsi DKI Jakarta ini. Tentu saja kami berharap kerjasama dalam kegiatan mengedukasi kader kami ini bisa terus berlanjut di masa mendatang," jelas Ibu Iriana Joko Widodo.

Sosialisasi dan bincang-bincang kesehatan, dijelaskan Ibu Ike Nirwan Bakrie, dihadiri oleh sekitar 400 kader PKK dari seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini menghadirkan sosialisasi dengan pembicara Prof.Dr.dr.Bambang Supriyatno, Sp.A (K) dari Yayasan Penyantun Anak Asma dengan tema “Pengendalian Asma pada Anak”, dan bincang-bincang kesehatan bersama Ibu Nani Ery Chayaridipura & Ibu Ike Nirwan Bakrie.

Sekilas YAPNAS

Yayasan Penyantun Anak Asma Indonesia (YAPNAS) adalah sebuah yayasan di bidang kesehatan anak, yang bertujuan meningkatkan pengelolaan dan penanggulangan anak dan remaja dengan asma dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga dicapai kualitas hidup yang optimal.

Sejak berdiri di tahun 1989, yayasan yang bergerak di bidang kesehatan anak ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dari anak-anak dan remaja penderita asma.

Anggota YAPNAS kebanyakan adalah terdiri dari para orang tua yang memiliki anak penderita asma. Sedangkan sisanya adalah mereka yang memiliki beban untuk menolong anak penderita asma, termasuk di dalamnya para dokter spesialis bagian Ilmu Kesehatan anak FKUI-RSCM.

Program Kegiatan YAPNAS

Program kegiatan YAPNAS pada dasarnya tidak hanya menyentuh para penderita asma saja, akan tetapi yayasan ini juga melakukan berbagai kegiatan yang berpusat pada masyarakat dan pemerintah setempat. Di antaranya adalah kegiatan ilmiah untuk kalangan medis dan program santunan bagi masyarakat yang dinamakan Program Santunan Asma.

Program Santunan Asma sudah dirintis sejak tahun 1990. Program ini menitik beratkan pada upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membantu anak penderita asma yang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah.

Secara rinci program kegiatan YAPNAS yang telah dilaksanakan selama ini adalah sbb :

Kegiatan untuk anak asma:

- Pelayanan medis untuk anak asma
- Penyantunan dana untuk anak asma dari keluarga tidak mampu.
- Penyuluhan kepada pasien asma dan keluarganya.
- Kegiatan fisik luar rumah yang mendukung: Renang, Senam Asma bersama, Kemah Asma (Asthma Camp).

Kegiatan untuk masyarakat:

- Acara ilmiah berkala untuk kalangan medis, dokter anak, dan dokter umum, dalam rangka meningkatkan pengetahuan di bidang asma dan kedokteran respirologi pada umumnya.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

- Seminar berkala tentang asma dan kesehatan pernafasan untuk awam.

- Seminar berkala tentang asma dan kesehatan pernafasan untuk guru SD dan SMP.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

- Menyediakan/mensosialisasikan Pusat Asma Anak berupa dengan fasilitas buku, majalah, dan audiovisual yang dapat dimanfaatkan baik oleh kalangan medis maupun awam.

- Menyediakan fasilitas konsultasi asma untuk masyarakat di Pusat  Asma Anak.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

- Bakti Sosial Terpadu yang dilaksanak secara berkesinambungan di berbagai Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya.

- Bekerja sama dengan yayasan dan lembaga swadaya masyarakat lain dalam rangka penanggulangan masalah merokok, demi terciptaya udara bersih dan sehat.

- Mengadakan acara sosial budaya dan olahraga dalam rangka pencarian dana operasional kegiatan YAPNAS dan Pusat Asma Anak.

- Bekerja sama dengan media massa cetak dan elektronik dalam rangka advokasi kepada masyarakat tentang asma dan kesehatan pernafasan, dalam bentuk talkshow di radio dan TV, tulisan di majalah dan tabloid.

- Mencetak dan mengedarkan leaflet tentang YAPNAS dan penyuluhan singkat tentang asma.

Kegiatan program santunan

Program Santunan Anak Asma dimulai sejak tahun 1990 di lingkungan RSCM Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM dan masyarakat tidak mampu yang tinggal disekitar Jakarta Pusat.

Kegiatan Penyantunan ini sejak tahun 2000 menjadi prioritas Kegiatan YAPNAS dimana YAPNAS bekerjasama dengan PUSKESMAS di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya untuk menjaring anak asma yang kurang mampu agar dapat mengikuti program Penyantunan Anak Asma YAPNAS.

Kegiatan ini mendapatkan donasi dari Ibu-Ibu Pengurus maupun masyarakat luas yang mempunyai kepedulian terhadap anak asma dan juga instansi pemerintah yaitu Kementrian Kesehatan RI dan sejak Januari 2010 Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Jakarta ikut berpartisipasi dalam program Santunan YAPNAS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya