Tradisi "Keramas Bareng" di Sungai Cisadane

Keramas bareng di Cisadane
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Menjelang Ramadan di Tangerang ada tradisi yang ramai dan sayang untuk dilewatkan, yaitu "keramas bareng" di sungai Cisadane. Biasanya tradisi ini dilakukan warga satu hari sebelum puasa.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Warga yang melihat dan mengikuti tradisi ini terus bertambah, dari anak-anak hingga orang tua, sebagian besar merupakan warga kelurahan Babakan. Walau saat ini Sungai Cisadane kurang bersih, namun warga yang mengikuti tradisi ini tidak takut terkena diare atau penyakit kulit seperti kudis, kurap, atau gatal-gatal.

Dahulu dalam tradisi ini warga menggunakan merang padi sebagai sampo, namun saat ini merang padi sulit didapatkan sehingga warga menggunakan sampo kemasan untuk keramas. Warga menganggap tradisi "keramas bareng" merupakan tradisi mensucikan diri untuk siap menjalankan puasa.

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Warga berharap Sungai Cisadane tetap terjaga kebersihan dan keindahannya agar tradisi "keramas bareng" dapat terus dilakukan setiap tahun.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Yefri Heriani

Ombudsman Minta Pekerja Perusahaan Swasta Berani Melapor soal THR Tidak Dibayar Atau Dicicil

Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat yang bekerja di perusahaan swasta untuk berani melapor jika THR tidak kunjung dibayar.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024