Sadranan, Tradisi Ziarah Kubur di Bulan Syakban

Ziarah Kubur Jelang Ramadhan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sadranan (Nyadran) merupakan tradisi tahunan berziarah kubur pada bulan Ruwah atau Syakban untuk menyambut datangnya Ramadan. Salah satu daerah yang masih melaksanakan tradisi ini yaitu desa Karangturi, Jawa Tengah.

Sadranan dimulai warga dengan melakukan besik atau gotong royong membersihkan area pemakaman. Pada malam harinya warga berkumpul di masjid untuk menggelar doa dan dzikir bersama dipimpin sesepuh desa.

Keesokan harinya warga datang ke makam membawa kue jajanan pasar di dalam tenong, yakni tempat makanan berbentuk bulat yang terbuat dari anyaman bambu. Kue-kue itu dibagikan ke semua warga sebagai rasa syukur kepada Allah atas kemakmuran hasil bumi yang diterima warga.

Tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman Majapahit. Dahulu pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, selain mengunjungi makam leluhur juga untuk memantau kondisi rakyatnya.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024