"Papajar" dengan Botram Menjelang Ramadan

Ilustrasi Acara Botram
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Walau saya bukan muslim, tetapi saat menjelang Ramadan saya terkenang dengan tradisi Papajar yang berasal dari Jawa Barat. Tradisi ini bermula saat dahulu warga Cianjur pergi bersama-sama ke Masjid Agung untuk mendapatkan kabar dari sang tamir mengenai awal Ramadan. Ketika di Masjid Agung warga melakukan dzikir, shalawat, dan memanjatkan doa bersama.

Real Madrid Jawab Penilaian Buruk Pep Guardiola soal Bernabeu

Seiring berkembangnya teknologi, kini warga tak perlu lagi datang ke Masjid Agung untuk mengetahui awal Ramadan. Namun untuk saling bersilahturahmi antar warga, tradisi Papajar terus dilakukan hingga saat ini dengan berpergian ke suatu tempat rekreasi bersama sanak saudara atau kawan-kawan.

Ketika tinggal di Cianjur, saya sering ikut tradisi ini bersama teman kantor atau tetangga rumah. Biasanya kami melakukannya dengan botram, yaitu makan bersama dimana setiap peserta diwajibkan membawa makanan. Tradisi ini dilakukan dengan penuh rasa kebersamaan menyambut Ramadan.

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas
Ilustrasi Polisi olah TKP kecelakaan lalu lintas.

Bripda RM Ditangkap Polisi Ternyata Gara-gara Lakukan Ini

Anggota polisi di Kota Tomohon Sulawesi Utara (Sulut) ditangkap oleh sesama polisi, yakni inisial Bripda RM. Sebab, Bripda RM harus berurusan dengan hukum karena diduga m

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024