Yon 464 Paskhas Terlibat Latihan Puncak Korpaskhas

Ilustrasi/Latihan Korpaskhas TNI AU
Sumber :

VIVAnews - Latihan puncak Korpaskhas dengan sandi Trisula Perkasa 2013 dipusatkan di wilayah Kupang Nusa Tenggara Timur dan Markas Lanud Eltari Kupang. Dalam skenario latihan tersebut melibatkan ratusan unsur pasukan seluruh jajaran Korpaskhas yang meliputi unsur pendukung maupun pelaku latihan termasuk Batalyon 464 Paskhas yang bermarkas di komplek Lanud Abd. Saleh Malang.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Selain itu latihan ini juga melibatkan empat pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Halim PK, Skadron Udara 32 Abd Saleh Malang, satu pesawat CN-295  juga melibatkan personil Lanud Eltari, Kupang, NTT.

Latihan ini telah dibuka oleh Dankorpaskhas pada minggu lalu dengan diawali geladi posko yang dipusatkan di Mako Korpaskhas dan sebelumnya telah dilaksanakan penataran pelaku dan wasdal untuk bekal latihan, sedangkan manuver lapangan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Juni 2013. Dalam latihan ini Yon 464 Paskhas melibatkan Tim Dalpur (Pengendali Tempur), Tim Dallan, Tim Jump Master dan Tim SARPUR.

Unsur Tim Pengendali Tempur yang dikomandani langsung oleh Danyon 464 Paskhas, Letkol Pasukan Joko Prasetyo akan melaksanakan infiltrasi melalui udara menuju sasaran terpilih yakni Pangkalan TNI AU Eltari Kupang pada malam hari dengan melakukan penerjunan free fall metode HAHO (High Altitude High Opening). Selanjutnya setelah Tim Pengedali tempur menyatakan aman sasaran tersebut maka satuan Yonbuthanlan yang diterjunkan melalui terjun statik dan melakukan operasi perebutan dan pertahanan pangkalan agar pangkalan tersebut siap digunakan untuk operasi selanjutnya.

Trisula Perkasa merupakan sandi latihan puncak Korpaskhas yang digelar dalam setiap tahunnya dan dilaksanakan sebagai manivestasi dari hasil pembinaan yang dilakukan Korpaskhas dan juga merupakan wujud akuntabilitas publik dan pertanggungjawaban Korpaskhas di bidang pembinaan kepada TNI Angkatan Udara khususnya dan kepada Bangsa dan rakyat Indonesia.

Latihan dengan sandi Trisula Perkasa Korpaskhas 2013 mengambil tema, "Satgas Paskhas Melaksanakan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara di Wilayah Indonesia Timur Dalam Rangka Mendukung Tugas Komando Tugas Udara Gabungan".

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024