Karena Perubahan Berawal di Tangan Kita

Kegiatan 3R3H di salah satu 7-Eleven
Sumber :
VIVAnews
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan
 - Dinosaurus, Burung Dodo hingga Harimau Jawa. Hewan-hewan tersebut kini telah punah dari muka bumi. Orang Utan, Harimau Sumatera dan Badak Jawa masuk ke dalam golongan yang hampir punah. Bukan hal yang mustahil apabila manusia masuk ke dalam golongan yang terancam punah suatu hari nanti.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Save Our Planet, tema tersebut diangkat oleh sebuah klub yang terbentuk di London School of Public Relation Jakarta, LSPR Climate Change Champion Club (LSPR 4C)  dalam rangkaian acara Environment Month 2013 yang diadakan sepanjang  Maret ini.
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas


Berawal dari kesadaran dan ketakutan akan perubahan demi perubahan yang terjadi di bumi, seperti perubahan iklim dan pemanasan global, LSPR 4C berusaha untuk membuat orang-orang, terutama di lingkungan sekitar, kembali sadar akan pentingnya mengambil langkah untuk melindungi bumi dari kerusakan yang semakin parah. Sebuah lembaga kemanusian Spanyol, DARA, mengungkap dampak terkini perubahan iklim yang terjadi di dunia.


Dalam laporan berjudul "Climate Vulnerability Monitor" yang dirilis 26 September 2012 lalu, DARA menyebutkan  perubahan iklim telah menimbulkan kerugian yang luar biasa baik terhadap ekonomi negara maju maupun ekonomi negara-negara miskin. Perubahan iklim juga menjadi penyebab utama jatuhnya korban jiwa, bertanggung jawab atas 5 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun - 400.000 meninggal akibat bencana kelaparan dan penyakit menular, sementara 4,5 juta orang meninggal karena polusi udara dan praktik ekonomi yang mencemari lingkungan.


Melalui rangkaian Environment Month 2013 ini, LSPR 4C berusaha menyampaikan bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah atau minimal memperlambat kerusakan bumi. Bumi cuma ada satu, tidak ada planet cadangan apabila bumi ini hancur. Hal inilah yang mendasari pemilihan acara dalam rangkaian Environment Month 2013 milik LSPR 4C ini.


Sebagai pembuka, LSPR 4C menggelar 3R3H yang merupakan singkatan dari Reduce, Reuse, Recycle in 3 Hours pada Car Free Day tanggal 10 Maret 2013 mendatang di sekitar Bundaran HI. Plastik, yang merupakan sampah terbanyak yang dibuang di dunia saat ini, juga salah satu yang paling sulit untuk dihancurkan menjadi pilihan untuk dikampanyekan melalui acara ini.


Berbeda dengan 3R3H tahun sebelumnya yang dilakukan LSPR 4C bekerjasama dengan 59 outlet 7 Eleven yaitu dengan meniadakan kantong plastik di outlet 7Eleven selama 3 jam, di tahun ini LSPR 4C memberikan kesempatan bagi pengunjung Car Free Day untuk menukarkan dua botol air mineral kemasan milik mereka dengan sebuah tumbler yang bisa digunakan berkali-kali. Melalui 3R3H ini, LSPR 4C menyuarakan pentingnya penanggulangan sampah dan bahaya plastik bagi lingkungan, serta pentingnya untuk menjalankan green lifestyle.


Penanaman mangrove dipilih LSPR 4C sebagai event kedua. Bekerjasama dengan Green Smile Indonesia, LSPR 4C mengajak publik untuk menanam 10.000 mangrove. Acara yang dinamakan Mangrovement ini akan digelar di Tanjung Pasir, Tangerang pada tanggal 16 Maret 2013. Pelestarian daratan dan laut menjadi konsentrasi pada event ini, karena tanaman mangrove telah sejak lama dikenal sebagai pencegah erosi daratan tepi laut dan menjadi ekosistem yang baik bagi hewan laut.


Terlebih lagi fakta yang diungkapkan oleh pemerintah bahwa hutan bakau di sekililing pesisir Jawa, Sumatra dan pulau-pulau lainnya di Indonesia telah mengalami kerusakan parah, bahkan hilang. Tambak dan perkebunan sawit dikemukakan sebagai penyebab utama fenomena ini. Maka dari itu, melalui Mangrovement, LSPR 4C dan Green Smile Indonesia berusaha menciptakan kesadaran masyarakat untuk kembali melestarikan hutan mangrove.


Sebagai puncak acara, LSPR 4C mengajak publik untuk menghemat energi dengan merayakan Earth Hour bersama. Greenmagination Seminar and Concert dianggap sebagai sarana yang tepat. Greenmagination ini akan diadakan pada tanggal 23 Maret 2013 di parking area kampus B London School of Public Relation Jakarta yang terletak di kompleks Sudirman Park Jakarta.


Dalam Greenmagination concert, pengunjung akan diajak untuk berimajinasi akan lingkungan yang damai dan diajak untuk menjalankan green lifestyle sambil menikmati alunan musik berkonsep akustik oleh para performers yang diminta secara khusus untuk membuat Earth Hour tahun ini semakin berkesan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya