Sepeda Bersistem Komputer

VIVAnews -- Barangkali ini adalah sepeda paling canggih di dunia, namanya Factor 001.

Pasalnya, sepeda ini tak hanya terbuat dari komponen-komponen canggih seperti sasis dari karbon, rem hidrolik keramik, dan drivetrain (sistem gerigi) pesanan. Ia juga dilengkapi dengan sistem komputer yang menyatu dalam bodi sepeda.

Sepeda buatan BERU, perusahaan spesialisasi kendaraan canggih dari Inggris, itu dibuat oleh Insinyur yang berpengalaman di dunia balapan mobil Formula 1. Maka tak heran bila bahan-bahannya juga menggunakan material sekelas kendaraan formula.

Kereta angin seberat 7 kg itu juga mampu mengumpulkan data-data biometrik pengendaranya, mulai dari kecepatan detak jantung, respirasi, data lingkungan sekitar, gaya fisis yang dialami, dan data-data itu bisa diunduh kembali, untuk analisa pasca latihan.

Ia juga dilengkapi dengan sebuah sistem navigasi satelit Global Positiong System (GPS), pemancar radio, sensor berat, pengkabelan, baterai-baterai, sensor-sensor, kabel pengendali yang memberikan efisiensi dan durabilitas tinggi untuk sepeda.

"Para atlet dan pelatih mereka sekarang memiliki akses untuk meningkatkan performa dan kapabilitas yang biasanya dimiliki oleh olahraga motor tingkat atas. Setiap orang yang tertarik dengan sepeda eksklusif, kelas atas, dan berbeda, kini memiliki alternatif yang serius," ujar John Bailey, Managing Director BERU f1systems.

Oleh karenanya, sepeda ini memang sangat cocok bagi para atlet sepeda profesional, para pelatih olahraga, para penggemar latihan fitness, dan atlet-atlet olahraga lainnya.

Namun, sistem yang canggih dari sepeda ini juga harus ditebus dengan harga yang mahal. Factor 001 kini sudah tersedia di Inggris dengan banderol harga yang setara dengan sebuah sedan anyar, yaitu 20 ribu pound sterling atau sekitar Rp 330 juta.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024