9 Peluang Besar Bisnis Tahun 2013 (2)

service mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Membangun bisnis sendiri sejak awal, terutama yang sukses, tak selalu semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perencanaan panjang untuk mewujudkan mimpi Anda menjadi pengusaha. 

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Tantangan pun semakin besar di tengah perekonomian dunia yang sedang mengalami kemandekan. 

Namun, kondisi itu tak lantas membuat Anda patah arang. Tak jarang banyak pebisnis pemula yang berhasil memanfaatkan berbagai tantangan tersebut menjadi sebuah kesuksesan. 

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Dikutip VIVAnews dari laman businessnewsdaily, berikut adalah sembilan ide besar bisnis yang kemungkinan meraih sukses pada 2013: (untuk melihat 4 ide bisnis lainnya, klik ).

5. Konsultan ramah lingkungan

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Terlepas dari langkah memotong biaya energi atau mengurangi penggunaan karbon, tekanan pebisnis untuk mengadopsi kebijakan ramah lingkungan semakin meningkat. 

Sebuah studi menemukan bahwa 82 persen konsumen AS memiliki pengetahuan dan sejarah kuat terkait produk-produk ramah lingkungan. Sebanyak 80 persen konsumen mempertimbangan faktor sejarah perusahaan dalam memutuskan pembelian sebuah produk. 

Mengetahui besarnya pengaruh perusahaan ramah lingkungan terhadap keputusan konsumen, banyak pelaku bisnis yang mulai menggunakan jasa konsultan untuk membantu mereka mewujudkan ambisi itu. 

Konsultan bisnis yang berkelanjutan, Barbara Englehart, meyakini bisnis jasa konsultan akan berkembang dalam beberapa tahun mendatang. "Ini merupakan bisnis baru dengan area yang makin berkembang," katanya. 

6. Konsultan bencana

Hampir setiap hari masyarakat disuguhi berita-berita mengenai kebakaran, banjir, dan bencana alam lainnya. Bencana itu pada akhirnya bisa menyapu semua kesuksesan yang telah Anda raih lewat kerja keras bertahun-tahun. 

Menyadari hal itu, banyak pebisnis yang mulai mengevaluasi situasi perusahaan mereka. Keinginan untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi ancaman yang makin meningkat telah menuntut pebisnis menggunakan jasa konsultan untuk membimbing bisnisnya. Bila perlu, melindungi semua bagian dari perusahaan yang dimiliki. 

7. Jasa konsultan pengumpul dana

Salah satu komponen penting dalam aturan baru yang dibuat AS, Jumpstart Our Business Startups (JOBS) Act adalah memotong kewenangan otoritas pasar modal AS atau Securities and Exchange Commission yang melarang pengumpulan dana dari masyarakat. 

Dengan tak adanya larangan itu, para pebisnis pemula kini bisa mulai menggalang dana untuk membantu bisnisnya. Crowdfunding memungkinan sekelompok masyarakat untuk berkontribusi (biasanya US$50-500 per orang) untuk menjadi investor di sebuah perusahaan startups. 

Kendati demikian, konsep yang masih muda dari AS ini membuat para pebisnis membutuhkan jasa konsultan guna membantu mencari jalan terbaik dalam menggandeng investor baru. 

"Sepanjang aktivitas penggalangan dana ini terus tumbuh, masyarakat yang ingin menggunakan jasa konsultan akan terus meningkat serta mencari tips dan trik yang paling manjur," kata konsultan Crowdfunding, Victoria Westcott.

8. Jasa penerjemah

Jasa penerjemah semakin menunjukkan pertumbuhan seiring menurunnya perekonomian dunia akibat krisis. Data IBIS World menemukan, penggunaan instrumen internet telah memicu permintaan jasa penerjemah seiring langkah perusahaan yang menyasar negara-negara baru. 

Perusahaan ini membutuhkan sebuah website yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemasaran di negara-negara tujuan baru itu. 

Studi ini juga menunjukkan, banyak perusahaan memfokuskan bisnisnya dengan memicu pertumbuhan di luar negeri dalam lima tahun ke depan. Untuk kebutuhan itu, mereka memerlukan industri penerjemah yang bisa membantu perusahaan lebih dekat dengan konsumen. 

9. Asisten perbaikan mobil

Banyak pemilik mobil yang biasanya frustasi ketika harus membawa kendaraan ke bengkel, karena dianggap menyita banyak waktu. Belum lagi, pemilik mobil ini harus menggunakan transportasi alternatif selama kendaraan sedang diperbaiki. 

Namun, kondisi itu tampaknya perlahan mulai bisa teratasi. Kini, jasa pelayanan asisten perbaikan mobil bisa membantu pemilik mobil yang tak mau direpotkan dengan urusan bengkel dan mengantarkannya ketika sudah selesai.

Tak hanya itu, asisten ini siap membantu menyediakan kendaraan pengganti bagi para konsumennya. Kendaraan ini bisa dipakai selama perbaikan masih belum selesai. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya