Defiance: Bielski Bersaudara di Era Nazi

VIVAnews - Bertahan hidup, atau melakukan perlawanan. Dua pilihan sulit. Terlebih pada Agustus 1941, saat pasukan Nazi menyapu bersih warga Yahudi, di Eropa Timur.

Dalam 'Defiance', sutradara Edward Zwick menolak kepasifan Yahudi dalam tragedi Holocaust. Film yang diangkat dari kisah nyata ini mengangkat cerita kepahlawanan empat bersaudara. Mereka adalah Tuvia (Daniel Craig), Zus (Liev Schreiber), Asael (Jamie Bell) dan Aron Bielski (George Mackay).

Istri, anak-anak, dan orang tua mereka habis dibantai tentara Nazi. Bielski bersaudara beruntung dapat selamat. Lolos dari maut, Tuvia -sang kakak laki-laki tertua- beserta tiga saudaranya sembunyi ke hutan. Mereka bergabung dengan sekelompok kecil pengungsi Yahudi korban kebiadaban Nazi.

Alih-alih melakukan tindakan bunuh diri menyerang Nazi, Bielski bersaudara pilih bertahan hidup. Mereka membangun perkampungan di hutan, 'satu-satunya tempat di Belarus dimana (orang Yahudi) bisa bebas'.

Kakak beradik Bielski berhasil menyelamatkan 1.200 warga Yahudi di belantara Belarus. Kampung kecil di tengah hutan Belarusia perlahan menjadi besar. Orang tua, perempuan, dan anak-anak mereka tampung di sana.

Tuvia sebagai kakak tertua Bielski bersaudara jadi tumpuan para pengungsi. Pria berjaket kulit itu pegang tampuk kepemimpinan para pengungsi Yahudi di hutan. Sebagai ketua, Tuvia pegang kendali semua aspek, mulai dari perlawanan bersenjata sampai urusan dapur.

Keberadaan Belarus tersebar begitu cepat. Warga Yahudi yang masih was-was di kota berusaha mencapainya. Bergabung dengan Tuvia Bielski dan saudara-saudaranya.

Namun menetap aman di hutan bukan pilihan semua orang. Zus Bielski (Liv Schreiber) berselisih hebat dengan sang kakak, Tuvia. Pria brewok itu beranggapan perang melawan Nazi adalah jalan yang seharusnya mereka lakukan. Zus pergi. Bergabung dengan partisan Soviet. Sementara Tuvia setia memimpin kamp.

Terlepas dari adegan perang, desingan peluru, dan balas dendam, nyawa dibayar nyawa, 'Difiance' merupakan film bergenre drama. Kisah perjuangan hidup para pengungsi di kemah hutan lebih ditonjolkan.

Dalam film berdana US$50 juta ini, penonton juga disuguhi Daniel Craig yang sesekali bicara dalam bahasa Rusia.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan
Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Polres Metro Depok menangkap dua pelaku pembegalan terhadap siswa SMPN 2 Depok yang terjadi pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024